Komisi Informasi DIY Studi Banding

ke Komisi Informasi Jateng

 

Komisi Informasi Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (KI DIY) pada hari selasa 20 maret 2012 datang ke Provinsi Jawa Tengah untuk melakukan studi banding ke Komisi Informasi Provinsi Jawa Tengah (KI Jateng). Hal itu dilakukan agar bisa saling tukar pengalaman, disamping juga belajar secara langsung guna miningkatkan kinerja pelayanan publik.

Dalam kunjungannya tersebut KI DIY diwakili oleh Sarworo Suprapto (Wakil Ketua), Istiatun (bidang kelembagaan), Joko Prasetyo (Koordinator Kesekretariatan) dan Nuri A. (Anggota Sekretariat) mereka dijamu oleh anggota Komisi Informasi diantaranya Iriyanto (wakil Ketua), Ahmad Labib (bidang Keuangan), Bona Ventura (bidang Penyelesaian sengketa informasi), Zaini Bisri (bidang kelembagaan) dan Eko Suwarsono (sekretariat).

Dari pertemuan tersebut ditemukan adanya beberapa perbedaan antara KI Jateng dengan KI DIY. perbedaan yang menonjol adalah sistem birokrasi yang diterapkan oleh kedua lembaga negara tersebut. Jika di KI Jateng kesekretariatan dikelola oleh unsur dari pemerintahan yaitu dinas perhubungan dan informastika maka, KI DIY berbeda karena hampi semuanya dihandle oleh para komisioner.

Sumber pendanaannyapun berbeda, KI DIY sumber dananya bersifat Hibah sedangkan KI Jateng semua menginduk pada dinas perhubungan dan informatika. KI DIY juga tidak mempenuyai personel yang mempunyai tugas khusus untuk membantu penyelesaian sengketa informasi, seperti staf ahli yang mempunyai tugas membantu penyelesaian sengketa informasi dan membantu kinerja tugas para komisioner. Oleh karena pihak KI DIY akan berupaya untuk mengusulkan adanya staf ahli seperti ada di KI Jateng.

Pertemuannya berlangsung sangat santai ditandai dengan canda tawa para komisioner dan kemudian dilanjutkan dengan makan siang. Setelah makan siang untusan dari KI DIY juga melihat proses sidang ajudikasi, karena kebetulan dihari itu juga komisi informasi provinsi jawa Tengah ada jadwal sidang ajudikasi non litigasi antara Jusri Sihombing sebagai pemohon dan Ketua DPC PDIP tegal sebagai termohon.  

 
SELAMAT DATANG DI WEBSITE KOMISI INFORMASI PROVINSI JAWA TENGAH
f4ndee || Komisi Informasi Provinsi Jawa Tengah. All Rights Reserved.