Hubungi Kami

PROFIL KOMISI INFORMASI PROVINSI JAWA TENGAH

Komisi Informasi Publik Provinsi Jawa Tengah (KI Prov Jateng), pada tanggal 27 April 2010, berdasarkan Surat Keputusan Gubenur Jawa Tengah No 550/18/2010.
Terdiri dari lima orang komisioner setalah melalui serangkaian test yang dilaksanakan oleh tim seleksi independen dari unsur masyarakat, perguruan tinggi dan pemerintah provinsi. Dari ke lima komisioner terpilih, mencerminkan unsur masyarakat dan pemerintah.
Sebagaimana diamanatkan Undang-Undang Nomer 14 tahun 2008, KI Prov Jateng bertugas menjalankan UU tersebut dan menyelesaikan sengketa informasi publik baik secara mediasi dan/atau ajudikasi nonlitigasi.
Sebagai lembaga negara secara nasional Komisi Informasi menggunakan logo gambar Burung Garuda Pancasila. Sejak dilantik , internal secara kontinue melakukan penguatan kelembagaan dengan melengkapi sporting system/staff.
Eksternal, berkoordinasi dengan pemerintah dalam hal ini Dishubkominfo Jateng, melakukan sosialisasi UU No 14/2008, Meski belum banyak pengaduan sengketa informasi, namun setidaknya ada dua sengketa informasi yang telah ditangani. Pertama pengaduan masyarakat Jatirunggo Kab Semarang yang gagal minta IP mengkait hilangnya uang para pemohon dalam rekening Bank Mandiri diselesaikan dengan mediasi. Salah satu LSM di Blora tidak diberikan akta MoU antara BUMD setempat dengan pihak ke tiga, diselesaikan dengan ajudikasi yang dimenangkan LSM dan masih ada beberapa permohonan penyelesaian sengketa, masih dalam proses.

Komisi Informasi Provinsi Jawa Tengah

Jl. Tri Lomba Juang No. 18 Semarang 50234
No. Telepon : 024 – 8411093
No. Fax : 024 – 8411093 ext. 111
Website : https://kipjateng.jatengprov.go.id
Email : kiprovjateng@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to content